Anda berencana membeli rumah di kawasan industri? sebaiknya perhatikan hal-hal berikut!

Anda berencana membeli rumah di kawasan industri? sebaiknya perhatikan hal-hal berikut!

source image: www.pexels.com
Sebelum membangun atau membeli rumah, salah satu hal utama yang ada dipikiran kita adalah mempertimbangkan kenyamanan, ini dikarenakan rumah menjadi tempat yang bisa mendamaikan suasana hati ketika sibuk beraktifitas diluar selama seharian.

Faktor kenyamaan menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dengan serius!. Lokasi pemilihan tempat tinggal menjadi faktor pendukung dalam menciptakan kenyamaan tersebut mulai dari akses jalan, lahan terbuka hijau, dukungan sarana dan prasarana perumahan dsb.

Lalu, apa yang harus menjadi pertimbangan anda ketika akan membangun atau membeli rumah berada di kawasan industri? kami punya beberapa tipsnya dibawah ini:

  •           Ruang terbuka hijau
    Ruang terbuka hijau adalah suatu bentuk pemanfaatan lahan pada satu kawasan yang bersifat terbuka dan diperuntukkan untuk penghijauan tanaman. Ruang terbuka hijau diatur dalam Undang Undang No. 26 tahun 2007 tentang penataan ruang menyebutkan bahwa 30% wilayah kota harus berupa RTH yang terdiri dari 20% publik dan 10% privat.
    Banyak manfaat manfaat dari ruang tebuka hijau seperti untuk pemeliharaan udara dan air tanah serta pelestarian fungsi lingkungan termasuk flora dan fauna, selain itu ruang terbuka hijau menciptakan keserasian kawasan sebagai sarana lingkungan yang aman, nyaman, segar, indah dan bersih.
  •           Kondisi Air
    Air menjadi hal yang terpisahkan bagi kehidupan manusia, oleh karenanya sebelum membeli rumah di kawasan industri, sebaiknya perhatikan apakakah developer menggunakan air tanah sebagai pemenuhan kebutuhan resident dan industri atau memang sudah memiliki Water Treatment Plant. Jika masih mengunakan air dari tanah untuk kebutuhan industri dan residentnya, hal ini harus jadi pertimbangan serius bagi anda, sebab pada dasarnya industri menggunakan pasokan air yang cukup banyak, hal ini pasti akan sangat mempengaruhi kualitas air yang ada dikawasan tersebut dan berpengaruh terhadap lingkungan sekitarnya.

  • ·         Aktifitas Industri
    Hampir semua aktifitas Industri berjalan selama 24 jam, lalu lalang kendaraan pemasok logistik setiap harinya, bubaran karyawan yang terbagi dalam 3 shift hal ini tentunya memberikan dampak bagi anda yang tinggal dekat dengan kawasan industri. Oleh karenanya yang menjadi bahan pertimbangan anda adalah lihat jarak perumahan anda dengan kawasan industri, apakah akses untuk ke kawasan perumahan dan industri memang sudah di tata dengan baik oleh developer, dalam artian kendaraan-kendaraan besar tidak memiliki akses untuk melewati perumahan anda.
  • Infrastruktur
    Selain infrastruktur dasar seperti taman, ruang terbuka, jaringan jalan dan sistem transportasi, jaringan listrik dan air minum, yang menjadi pertimbangan anda sebelum membangun/membeli rumah dikawasan industri adalah adanya sistem pengelolaan limbah pabrik yang dikelola dengan baik dan sesuai prosedur, apabila limbah terkontaminasi dengan lingkungan tentu akan sangat berbahaya, limbah akan menyebabkan banyak penyakit dan mengakibatkan banjir.

Beberapa hal diatas bisa anda jadikan pertimbangan, ketika hendak mencari rumah atau membangun rumah baru namun ingin memiliki kondisi lingkungan yang aman dan nyaman, tidak jauh dari kawasan Industri tempat anda bekerja. (df)

source image: www.pexels.com