Menghindari Kekecewaan Costumer dalam Promosi Penjualan

Menghindari Kekecewaan Costumer dalam Promosi Penjualan

Promosi merupakan salah satu kegiatan yang  sangat berpengaruh dalam setiap penjualan produk. Kemunculan sebuah produk akan selalu disertai dengan adanya promosi. Promosi bisa dilakukan melalui berbagai penawaran khusus hingga potongan harga produk misalnya. Ini dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkan penjualan sekaligus sebagai bagian dari sebuah branding produk.

Cikarang merupakan salah satu icon kawasan pusat Industri di Jawa Barat. Banyak sektor industri yang bergerak di dalam kawasan ini seperti: sektor logistik, makanan dan minuman (F&B), elektronik, kima, injeksi moulding hingga manufaktur teknologi. Tidak terlepas residential dan commercial property yang berkembang di dalam kawasan industri ini juga turut menjadi incaran costumer.  Dari berbagai sektor industri yang bergerak di kawasan ini, tentu banyak sekali produk-produk baru bermunculan setiap bulannya yang kemudian dipromosikan ke costumer baik itu melalui media massa elektronik maupun cetak, baliho, banner dan sebagainya.

Meskipun promosi mengandung daya tarik dikalangan costumer, perlu diperhatikan bahwa promosi memilki resiko yang tinggi apabila tidak dilakukan dengan benar. Kegagalan promosi bisa saja berakibat buruk pada citra perusahaan dan bahkan citra produk itu sendiri. Kekecewaan costumer terhadap promosi yang ditawarkan akan menjadi boomerang bagi perusahaan, yang kemudian berimbas terhadap reputasi perusahaan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan promosi sebaiknya perusahaan melakukan riset pasar terlebih dahulu, memastikan ketersediaan produk atau bahkan mempertimbangkan akan besarnya permintaan yang akan terjadi sehubungan dengan adanya promosi penjualan tersebut.

Harus ada langkah-langkah preventif yang dilakukan oleh perusahaan sebelum melakukan promosi, hal ini bertujuan untuk mencegah kekecewaan costumer baik terhadap perusahaan atau produk itu sendiri. Seperti halnya:

  • Memastikan bahwasanya produk yang ditawarkan tersebut benar-benar tepat waktu, baik dari sisi pengerjaanya, pemasokan, ketersedian, kesesuaian produk yang ditawarkan dan sebagainya.
  • Menetapkan batas waktu penawaran promosi.
  • Harus ada media Informasi bagi costumer untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang penawaran tersebut. Karena informasi yang ter-deliver dengan baik akan memberikan rasa aman kepada costumer.

Jangan lupa memberikan permohonan maaf apabila ada pihak atau costumer yang kecewa selama promosi berlangsung. Pesan-pesan sederhana ini  adalah sebuah bentuk kegiatan humas yang efektif. Dengan memperlihatkan keseriusan perusahaan akan promosi seperti ini, akan berdampak baik pula terhadap citra perusahaan dimata costumer. (david)

 

sumber: Frank Jefkins. Periklanan
sumber gambar: pixabay.com