JIC, ruang komunitas dan informasi ekspatriat Jepang di Cikarang

JIC, ruang komunitas dan informasi ekspatriat Jepang di Cikarang

Japan Information Center (JIC) adalah sebuah ruang komunitas dan pusat informasi untuk para ekspatriat Jepang yang berdomisili di Cikarang. Japan Information Center (JIC) berlokasi di Trivium Terrace Apartments, Lippo Cikarang. Hadirnya Japan Information Center (JIC) ini diharapkan mampu menjadi pusat informasi dan komunikasi bagi sekitar 7000 warga Jepang yang tinggal dan bekerja di kawasan industrial Cikarang. Japan Information Center (JIC) berperan sebagai mediator akan segala informasi yang akurat yang dibutuhkan investor Jepang yang ingin berinvestasi di Indonesia. Informasi mengenai lokasi, keberadaan kedutaan besar Jepang untuk Indonesia, informasi perusahaan-perusahaan Jepang yang berdomisili di kawasan industrial Cikarang, informasi mengenai kegiatan-kegiataan yang berkaitan dengan kerjasama antara Indonesia dan Jepang dan segala informasi event komunitas ekspatriat Jepang.

Japan Information Center (JIC) dibangun dengan berbagai fasilitas untuk mendukung pemenuhan kebutuhan akan informasi ekspatriat Jepang di Cikarang, saat ini pertumbuhan populasinya meningkat setiap tahunnya. Adapun fasilitas yang telah disediakan oleh Japan Information Center (JIC) saat ini adalah perpustakaan, ruang kerja bersama dan ruang pertemuan atau ruang multifungsi. Fasilitas-fasilitas ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk berkumpul dan terhubung bagi warga Jepang. Sebelumnya di kawasan Lipo Cikarang sudah dibangun Japanese SMEs Centre yakni sebuah sentra bisnis di Lippo Cikarang yang memberikan layanan kepada investor berskala kecil menengah dari Jepang yang ingin meluaskan bisnis mereka di Indonesia (selengkapnya).

Mengapa ruang komunitas dan informasi seperti Japan Information Center (JIC) ini sangat penting bagi ekspatriat?. Menurut Foxman dan Polsky (1991:38-41) para manajer SDM internasional yang berpengalaman, berpikir mutlak diperlukan untuk keberhasilan ekspatriat dalam penugasan-penugasan asing adalah memberikan calon karyawan dan keluarganya informasi yang cukup lengkap dan akurat tentang penugasan dan lokasi agar mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang minatnya terhadap suatu penugasan.

Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Lisa N. Littrel pada tahun 2006 dengan judul “Expatriate Preparation: An Critical Analysis of 25 Years of Cross Cultural Training Reserch” meyebutkan bahwa kegagalan ekspatriat dalam menjalankan tugasnya lebih bersifat teknis yang antara lain adalah (1) tidak mampu berkomunikasi dengan pegawai lokal; (2) tidak mampu menerapkan manajemen yang baik dinegara tempat bekerja; (3) ketidakmampuan untuk menyesuaikan atau beradaptasi dengan lingkungan kerja. Oleh karena itu kehadiran Japan Information Center (JIC) diharapkan mampu menjadi ruang komunitas dan informasi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut serta sebagai wadah untuk mendukung segala  aktivitas, pelatihan dan pengembangan yang dilakukan oleh ekspatriat Jepang di Cikarang. (df)

Sumber : berbagai sumber