Hal-hal yang perlu diketahui generasi milineal sebelum membeli properti komersial

Hal-hal yang perlu diketahui generasi milineal sebelum membeli properti komersial

Perkembangan properti komersial mengalami peningkatan sejalan dengan kenaikan permintaan konsumen. Secara triwulan, indeks pasokan properti komersial pada triwulan III-2018 meningkat sebesar 0,35% (qtq), lebih tinggi dibanding 0,20% (qtq) pada triwulan sebelumnya. Pertumbuhan pasokan terutama berasal dari segmen perkantoran (2,41% qtq), khususnya perkantoran jual di wilayah Jabodetabek. (Sumber: Survei Perkembangan Properti Komersial yang dilakukan oleh BI  (www.bi.go.id)).

Laju pertumbuhan properti komersial di Cikarang, Kabupaten Bekasi memang cukup pesat, terlihat banyak pengembang properti yang bergerak di bidang real estate, commercial dan industry yang berada di koridor timur Jakarta ini berlomba-lomba mengembangkan kawasannya. Tercatat ada 7 kawasan industri di koridor ini seperti; Jababeka, Bekasi Fajar, Delta Silicon (Lippo Cikarang), Kota Delta Mas, MM2100 Industrial Town, EJIP serta BIIE (Hyundai). 

Seiring berkembang pesatnya peroperti komersial di Cikarang bukan berarti bahwa siapapun dapat memperoleh untung dengan berinvestasi. Banyak hal yang harus diketahui atau dipertimbangkan sebelum membeli properti sebagai investasi pertama. Jangan biarkan hal-hal yang sifatnya emotional memengaruhi keputusan saat membeli properti investasi pertama anda.

Berikut beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan sebelum membeli properti komersial sebagai investasi pertama anda (dikutip dari www.forbes.com):

1. Pikirkan dengan matang (tidak tergesa-gesa)
Sering sekali sebagian orang yang baru pertama kali ingin berinvestasi melalui properti komersial membuat keputusan  hanya karena berdasarkan kata hati tanpa mempertimbangkannya secara logis. Oleh karena itu lakukan negosiasasi hingga mendapatkan harga terbaik. Semakin anda mendapatkan harga terbaik semakin besar peluang anda mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Lagi pula, investasi bukan tentang emosi; ini tentang ekonomi.

2. Lakukan riset
Anda perlu melakukan riset yang tepat sebelum membeli properti investasi pertama anda. Pastikan bahwa properti terletak di lokasi yang dapat menarik klien anda, jika tujuan anda memang untuk menjual kembali ataupun menyewakannya. Dengan begitu anda akan mendapat keuntungan sesuai yang anda harapkan.

3. Amankan uang muka
Properti investasi memerlukan pembayaran uang muka yang lebih besar dan juga memiliki persyaratan persetujuan yang ketat.  Sebelum anda membayar uang muka, ingatlah bahwa ada biaya yang cukup besar yang diperlukan untuk renovasi.

4. Hitung pengeluaran dan keuntungan
Mulailah dengan menghitung uang yang sudah anda miliki dan berapa uang yang anda pinjam sebelum membeli properti. Selanjutnya, hitung berapa biaya untuk membeli dan merenovasi rumah dan juga biaya operasionalnya. Terakhir, buatlah perkiraan kasar dari keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan cara membandingkannya dengan pengeluaran sebelumnya.

5. Pertimbangkan opsi pinjaman investasi
Ada beberapa opsi pinjaman investasi yang siap membantu anda  untuk mewujudkan keinginan anda memiliki properti. Namun perlu tindakan yang tepat untuk memilih opsi pinjaman investasi yang benar-benar dapat membuat perbedaan positif pada situasi keuangan anda, oleh karena itu untuk hal ini anda harus banyak melakukan riset untuk menemukan perbandingan.

6. Pilih mitra dengan hati-hati
Seperti halnya bisnis lain, berinvestasi properti bisa berjalan dengan baik: anda bisa mendapatkan banyak uang, atau itu bisa berubah menjadi pengalaman buruk karena mengalami kerugian. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan berbagai faktor dengan hati-hati saat memilih mitra, seberapa nyaman anda dan implikasi dari perjanjian kemitraan.

Jika anda benar-benar ingin berinvestasi properti tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan beberapa hal diatas. Pada dasarnya, bisnis properti adalah bisnis yang menjanjikan jika anda benar-benar mempertimbangkannya, hal ini dapat diukur dari kenaikan permintaan konsumen yang sejalan dengan perkembangan properti saat ini. (david.f)