Covid’19 Varian B.117, B.1351, B.1617 Ditemukan di Indonesia Simak Tips Meminimalisir Terpapar Covid di Lingkungan Pekerjaan

Covid’19 Varian B.117, B.1351, B.1617 Ditemukan di Indonesia Simak Tips Meminimalisir Terpapar Covid di Lingkungan Pekerjaan



Covid’19 menjadi sorotan hangat dunia sejak tahun 2019 hingga saat ini. Proses penyebaran  virus covid’19 yang sangat cepat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan dan pergerakan hampir seluruh sektor diantaranya: pendidikan, pariwisata, penerbangan, industri manufaktur bahkan industri rumahan mengalami efek cukup signifikan. Pemerintah mengambil banyak kebijakan untuk meminimalisir penyebaran virus diantaranya: memberlakukan kebijakan wajib mematuhi 3 M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak), membatasi jam operasional mall dan resto, menghimbau dan mewajibkan kegiatan Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO), memberlakukan  pembatasan wilayah, meningkatkan pendistribusian dosis vaksin ke seluruh sektor dan umum serta beberapa kebijakan lainnya.

Indonesia sedang mengalami peningkatan covid di bulan juni 2021 seperti dilansir pada website kementrian Kesehatan (Mei, 2021)  di Indonesia sudah terdeteksi masuknnya virus varian baru diantaranya : Covid’19 B.117 yang berasal dari Inggris, Covid’19 B.1351 asal Afrika Selatan, Covid’19 B.1617 asal India yang bermutasi ganda yang perlu diwaspadai karena tingkat penyebarannya yang lebih cepat dibandingkan virus varian sebelumnya. Adapun jumlah kasus positif pertanggal 19 Juni  2021 adalah 1.963.266  (covid19.go.id). Bertambahnya kasus positif tentunya menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi banyak orang khususnya bagi masyarakat yang harus tetap bekerja  secara WFO.


Simak beberapa tips dalam meminimalisir terpapar covid’19 di lingkungan pekerjaan :
1.    Gunakan masker yang benar dan tepat, masker memang menjadi hal yang sangat wajib digunakan dimanapun dan kapanpun diera ini. Namun yang menjadi permasalahan adalah ketidakpedulian akan penggunaan masker yang benar. Pastikan area hidung tetap tertutup dengan masker dan pastikan gunakan masker yang aman apabila kapasitas individu cukup banyak sebaiknya gunakan masker kesehatan yang dilapisin dengan masker kain agar mengurangi  resiko terkena melalui percikan ludah saat berbicara atau percikan dahak melalui bersin atau batuk.
2.    Rajin mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun, mencuci tangan juga perlu diperhatikan jangan hanya asal kena air saja. Sebaiknya gosok seluruh jari tangan hingga bersih lalu bilas dengan air mengalir agar segala bakteri dan virus yang menempel dapat mati saat mencuci tangan, sehingga meminimalisir virus masuk ke dalam tubuh.
3.    Pastikan meja kerja bersih sebelum memulai pekerjaan, lakukan kebiasaan bersih dan pastikan meja, keyboard, mouse dan seluruh alat yang membatu pekerjaan bersih sebelum digunakan. Lakukan dengan menyemprotkan disinfektan lalu keringkan dengan tisu atau kain lap.
4.     Pastikan tubuh sehat dan tidak kelelahan saat bekerja, saat tubuh sehat sistem imun akan tetap terjaga sehingga kuat mengalahkan virus yang masuk ke dalam tubuh. Apabila merasa tidak enak badan diskusikan dengan atasan agar mendapatkan waktu untuk WFH maupun waktu istirahat. Konsumsi makanan sehat dan bergizi dan istirahat yang cukup.
5.    Setelah bekerja pastikan langsung mandi dan mengganti seluruh pakaian, virus covid’19 dapat menempel dimana saja. Tingkatkan kesadaran kebersihan, mengatur pola makan, berolahraga ringan dan istirahat yang cukup. Health is the main thing in achieving happiness and dreams (Lamria Tbn)

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels