Pentingnya Apresiasi Diri dalam Melatih Kecerdasan Emosional (EQ)

Pentingnya Apresiasi Diri dalam Melatih Kecerdasan Emosional (EQ)

Di Kehidupan sehari-hari setiap individu melakukan berbagai macam aktivitas. Aktivitas yang dilakukan dapat dikategorikan aktivitas ringan dan berat, hal yang paling umum dilakukan adalah belajar, bekerja, olahraga, memasak dan melakukan kesukaan lainnya. Berbagai aktivitas yang dilakukan memiliki tujuannya masing-masing atau hanya melakukan rutinitas harian. Pada prinsipnya manusia melakukan segala sesuatu untuk memberikan dirinya dampak positif yang akan membuka jalan untuk memperoleh kebahagian. 

Tujuan masing-masing individu bersifat personal, ada yang melakukan berbagai usaha untuk memperoleh prestasi akademik. Ada yang berusaha sangat keras untuk mendapatkan kemakmuran dalam karir namun ada juga yang memiliki tujuan untuk memperoleh kebahagian dan kedamaian hidup dengan berada bersama orang yang dikasihi. Setiap tujuan adalah ideal tergantung sudut pandang orang yang melihat. 

Berbagai macam upaya yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan personal, karir dan studi bukan hanya berdasarkan kemampuan penalaran, pemecahan masalah atau yang lebih dikenal dengan istilah Intelligence Quotients (IQ). Kemampuan dalam aspek emosional atau yang dikenal dengan istilah  Emotional Quotients (EQ) memiliki peranan penting dalam mencapai kesuksesan. Kelebihan memiliki kemampuan EQ akan berpengaruh terhadap bagaimana orang tersebut memiliki pengendalian diri yang baik, memacu semangat, terhindar dari stress berlebihan dan mampu memiliki rasa empati terhadap sesama.

Proses melatih kecerdasan emosional perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya : Berpikirlah sebelum melakukan suatu tindakan, sering menanyakan pendapat orang lain, menerima segala masukan yang diberikan orang lain dan selalu berusaha untuk mengenali siapa diri sendiri sehingga dapat melakukan kontrol emosional. 

Proses apresiasi diri merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan setiap kemampuan individu, dengan melakukan penghargaan terhadap diri maka akan lebih mudah dalam melakukan  segala sesuatu dengan totalitas karena dengan demikian diri sendiri akan merasa dihargai, tidak insecure dan tidak underestimate sehingga menimbulkan rasa kepercayaan diri  dalam kemampuan yang dimiliki dan menerima keunikan setiap individu. (Lamria Tbn) 

 

sumber gambar : Pexels.com