Trik Melakukan Komunikasi Bisnis kepada Calon Pelanggan

Trik Melakukan Komunikasi Bisnis kepada Calon Pelanggan

Organisasi yang ideal mampu menyeimbangkan antara profit dan reputasi sebagai langkah yang untuk mempertahankan eksistensi organisasi dihadapan publik. Kesimbangan tersebut dapat diwujudkan melalui strategi yang berbeda disetiap organiasi yang disesuaikan dengan ciri khas, tujuan, visi dan misi. Karyawan yang dipilih sebagai wadah dalam menjembatani komunikasi antara internal dan eksternal organisasi harus mampu memiliki kesepahaman antara tujuan organisasi dan reputasi yang dimilikinya.

Karyawan yang dipilih sebagai komunikator oleh organisasi harus memiliki langkah yang tepat dalam melaksanakan komunikasi bisnis dengan calon pelanggan. Berikut 5 (lima) langkah untuk dapat berkomunikasi bisnis yang baik kepada pelanggan dan calon pelanggan.

a) Percaya diri, sebagai seorang komunikator haruslah memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap topik yang ingin disampaikan kepada customers dan new customer. Kepercayaan diri dari seorang komunikator akan mampu membangun kepercayaan komunikan melalui komunikasi verbal dan nonverbal yang Anda sampaikan.

b) Berikan kesan yang baik terhadap calon customers Anda. Kesan ini dapat peroleh dari attitude yang Anda miliki.

c) Menjadi Pendengar yang baik, terkadang customer tidak hanya ingin mendengarkan apa yang Anda sampaikan tentang organisasi, produk, kelebihan dan lain sebagainya. Customer juga ingin didengarkan terkait apa yang ingin mereka dapatkan dari organisasi, sebagai wadah perwakilan dari organisasi sebaiknya ketika Anda sedang melaksanakan pembicaraan bisnis, dengarkan apa yang mereka inginkan sehingga dapat menjadi bahan evaluasi atau bahan inovasi pengembangan perusahaan.

d) Menjadi konsultan bagi customer dan new customer, yaitu Anda mampu memberikan solusi terhadap keningian customer dan calon customers

e) Meminta feedback terhadap komunikasi yang Anda sampaikan, dan selalu rendah hati karena seorang yang berhasil memiliki pembanding diatasnya. Jangan pernah puas dengan apa yang Anda dapatkan saat ini, selalu berinovasi dan memberikan solusi kebutuhan customers Anda. (Lamria)

 

sumber gambar: pixabay.com