Tips Mengatasi Bad Mood

Tips Mengatasi Bad Mood

Anda sedang terganggu bad mood?  Mengatasinya tidak sulit, dan percayalah, satu-satunya orang yang bisa menolong adalah diri Anda sendiri!    
Cobalah beberapa tips di bawah ini:

Bicarakankan hal ini pada orang terdekat yang Anda percayai. 
Pasti ada alas an mengapa Anda merasa bad mood alias suntuk. Menyampaikan dan membagi problem penyebab bad mood Anda pada teman atau orang yang nyaman diajak berbicara, akan sangat membantu.  Jika sulit menemui orang yang bisa Anda ajak bicara, pergilah menyendiri sebentar, dan lakukanlah hal-hal yang bisa menenangkan Anda, misalnya tarik nafas dalam atau melakukan meditasi atau kontempalsi sejenak. 
 
Lawan bad mood dengan berolahraga.
Lakukan olahraga sebentar.  Olahraga akan melepas hormone endorphin, yaitu hormon dalam otak yang membuat kita merasa bahagia. Namun hindari dulu olahraga yang bersifat kompetitif, sepeti badminton, misalnya.  Jika Anda kalah, mood Anda tentu akan lebih negative lagi.     

Makan cokelat bisa cukup membantu mengatasi rasa yang gundah.
Cukup menakjubkan bahwa mengetahui bahwa sejumlah orang seringkali langsung menyantap cokelat favoritnya saat mereka merasa suntuk. Cara ini memang cukup efektif mengatasi bad mood, karena cokelat diketahui bisa membuat kita merasa happy, karena cokelat meningkatkan hormon serotonin yang juga menimbulkan rasa bahagia. Catatannya, janganlah merasa bersalah setelah Anda menyantap sepotong cokelat.  

Dengarkan musik kesukaan Anda.
Setiap orang mempunyai lagu atau music favoritnya, yang saat didengarkanakan meningkatkan rasa senang atau damai. Cobalah juga bersenandung saat Anda mendengarkan lagu kesayangan Anda ini. Dengan bersenandung, secara otomatis rasa senang pun akan muncul, karena ada keterkaitan erat antara kativitas dengan jiwa kita.

Ngobrollah dengan teman-teman yang bisa membuat Anda ceria.  
Kalau Anda punya teman yang Anda tahu pasti memiliki sikap positif bahkan kemampuan entertaining yang baik, temuilah dia.  Sejumlah orang memang memiliki bakat untuk membuat orang lain di sekitarnya merasa bahagia. 

Bad mood atau suntuk memang sebaiknya segera diatasi.  Semakin Anda konsisten dalam berupaya menepisakan rasa suntuk, Anda pun akan semakin mahir.  Bangunlah sikap: ‘Saya tak sudi merasa suntuk!” dan lebih hebat lagi jika akhirnya Anda berkembang menjadi orang yang pandai menolong teman saat ia mengalami bad mood .
(MIS/ Psychology Today)

 

 

sumber gambar: pexels.com