Bersiap merebut kembali masa kejayaan 'Tanggulangin'

Bersiap merebut kembali masa kejayaan 'Tanggulangin'

Merebut kembali masa kejayaan Tanggulangin, mungkin itulah kata-kata pertama yang ada dikepala saya ketika saya melihat design flyer di salah satu situs website penyedia informasi sayembara. Ajakan tentang "Rebranding Tanggulangin" membuat saya mencari  banyak informasi di situs pencarian dengan kata kunci "Tanggulangin". Membaca satu persatu artikel yang memaparkan informasi Tanggulangin, ternyata sangat menarik dan kagum bahwa di Indonesia ada sebuah sentra industri kulit yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Keinginan tahuan sayapun berlanjut, kemudian menggali informasi melalui beberapa artikel yang kredibel tentang Tanggulangin, dan pada akhirnya hal ini yang membuat saya terjebak membuat artikel ini.

Sedikit rangkuman tentang Tanggulangin dari berbagai sumber yang saya dapatkan. Kecamatan Tanggulangin terletak di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Sejak tahun 1939 Tanggulangin terkenal sebagai pusat kerajinan berbahan dasar kulit dan kemudian industri ini semakin berkembang, pada tahun 1976 para pengrajin kulit di Tanggulangin mendirikan sebuah kelompok usaha, bergerak di bidang tas dan koper yang kemudian nama industri ini dikenal dengan sebutan Koperasi Industri Tas dan Koper  atau disingkat  INTAKO.

www.jawapos.com

Ditahun 1980-an INTAKO  sempat menjadi salah satu ikon parawisata Sidoarjo, orang-orang pada saat itu telah menjadikan INTAKO sebagai surganya tempat mencari berbagai macam, tas, dompet, ikat pinggang dan sepatu yang terbuat dari bahan kulit. Tak heran memang pada masa jayanya produk-produk dari Tanggulangin ini sudah terkenal ke mancanegara seperti seperti Italia, Amerika, China, Arab Saudi dan sebagainya. Pencapaian itu di dapat karena memang apa yang ditawarkan INTAKO telah menjadi bahan pertimbangan banyak orang, baik dinilai dari segi kualitas dan harga yang ditawarkan.

Lesunya industri tas dan koper ini terjadi ketika Indonesia dilanda krisis moneter, Globalisasi, perkembangan teknologi informasi yang berkembang dengan cepat, serta bencana lumpur Lapindo saat itu telah mengakibatkan beberapa infrastruktur serta akses ke lokasi ini terputus, hal ini menjadi sebuah masalah besar yang tak terpecahkan sehingga membuat industri ini semakin hari semakin matisuri. Paparan diatas adalah sedikit kilas balik untuk lebih mengenal Tanggulangin, tapi Bagaimanapun juga Tanggulangin harus merebut kembali masa jayanya sebagai  Industri Tas dan Koper kebanggaan Sidoarjo dan Indonesia. 

www.pexels.com

2018, ide Rebranding Tanggulangin yang dilakukan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia adalah langkah yang tepat, dengan berbagai konsep matang yang telah disusun dengan rapi, semakin membuat kita optimis bahwa industri ini akan lahir kembali dengan semangat baru dan hadir dengan merebutkan kembali masa-masa jayanya. Menerapkan sentra kawasan 3 in 1 dengan tujuan yakni menjadikan Tanggulangin sebagai sentra industri,  menjadi tempat transformasi fisik, ekonomi dan kultural, serta menjadi kawasan terpadu yang meliputi kawasan wisata belanja, budaya dan edukasi.

Lalu bagaimana para belaku bisnis Tanggulangin bisa memulai kembali bisnis ini secara perlahan hingga merebut kembali masa jayanya? yang jadi perhatian khusus oleh pelaku bisnis ini menurut saya adalah  bagaimana pelaku bisnis memahami bahwa inovasi di era digital telah mengubah sektor bisnis dalam industri ini. Inovasi adalah proses pembaharuan, hampir segala sektor bisnis akan mengalami dampak ini. Oleh karena itu proses Rebranding ini diharapkan sejalan dengan penerapan inovasi di era digital, memanfaatkan potensi dari sebuah inovasi, agar para pelaku bisnis Tanggulangin bisa terus menjaga eksistensinya. Sebab saat ini yang menjadi tantangan pelaku bisnis adalah mereka akan berhadapan dengan karateristik konsumen modern, yang muncul karena perbedaan tingkat kebutuhan konsumen saat ini. Era digital telah membawa konsumen menjadi lebih flesksibel, mengubah saluran penjualan, konsumen tidak mengenal batasan waktu, oleh karena itu inovasi adalah point penting dalam menghadapi hal ini.

Inovasi mungkin terkadang menjadi hambatan bagi pelaku bisnis yang belum benar-benar siap menerapkannya. Saat ini kita mungkin terjebak masalah mengenai terbatasnya sumber daya manusia yang ada, tapi sebagai langkah awal untuk memulai itu, kita sebagai pelaku bisnis harus terbuka terhadap inovasi, pelaku bisnis harus menerima kenyataan, bahwa memang konsumen saat ini memiliki cara yang lebih personal dan fleksibel untuk memperoleh apa yang menjadi kebutuhannya. Untuk itu diharapkan Rebranding Tanggulangin sejalan dengan inovasi yang berkembang di era digital.

Selain itu dukungan penuh pemerintah sangat dibutuhkan sebagai perwujudan atas  tanggung jawab untuk mewujudkan kembali masa jaya Tanggulangin, Pemerintah punya peran penting yakni sebagai jembatan kepada stakeholders untuk menangani dan merevitalisasi sentra Tanggulangin. 

Rebranding doesn't mean regeneration, but the two can go hand-in-hand. And used smartly, rebranding of towns, cities and places can reap rewards - Sarah Jarvis

Proses Rebranding memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi saat ini tugas kita sedikit lebih ringan, sebab tahapan Rebranding Tanggulangin ini tidak lagi terletak pada proses apa yang akan ditawarkan atau mencari tahu kebutuhan pasar, karena sudah jelas bertahun-tahun Tanggulangin sudah punya citra dan reputasi yang sudah diakui. Ini hanya masalah bagaimana kita menghadirkan kembali masa-masa itu. Kita semua tahu Rebranding Tanggulangi di tahun 2018, hadir dengan konsep yang beda, penuh dengan semangat baru. Oleh sebab itu, sejalan dengan semua konsep yang sudah dipersiapkan dengan matang, saya optimis bahwa Rebranding Tanggulangin akan sukses ditahun 2018 dan tahun-tahun berikutnya. Citra dan reputasi Tanggulangin yang dulu ada akan kembali sebagaimana mestinya.

Mari beramai-ramai dukung dan sukseskan Rebranding Tanggulangin ini, dengan berkunjung langsung ke Tanggulangin atau ikut andil dalam penyebaran informasi tentang Rebranding Tanggulangin.  Ada banyak serangkaian kegiatan Rebranding Tanggulangin yang dimulai dari tanggal 04 Oktober 2018 hingga 02 November 2018, bahkan pada puncak acara tanggal 02 November 2018 akan dilaksanakan pemecahahan rekor muri, mari "Bersiap merebut kembali masa kejayaan 'Tanggulangin'". (david)