Soto, Sedap Setiap Saat

Soto, Sedap Setiap Saat

Soto adalah hidangan berkuah yang popular dalam khasanah kuliner Indonesia.   Dalam berbagai versinya, hampir setiap daerah di seantero Nusantara ini memiliki menu Soto yang berbeda rasa dan kelezatannya.  

Hangat dan sedap, kelezatan hidangan berkuah ini tidak saja bisa dinikmati sebagai teman nasi, tetapi juga sebagai jajanan yang sedap. Bahkan Soto sudah biasa dihidangkan sebagai makanan pembuka di perjamuan resmi nasional ataupun internasional.

Selain  kelengkapan aneka bumbunya, kelezatan Soto dan Sup juga sangat bergantung pada kualitas kaldu yang digunakan.  Kaldu yang baik adalah yang dibuat dengan cara merebus daging (sapi, kambing, ayam, atau bebek dengan api kecil dan dalam waktu yang relatif lama, hingga aroma dan rasa gurih dagingnya teresap ke dalam air kaldu. Selain itu saat membuat kaldu, sertakan bumbu lain seperti jahe, sereh, daun jeruk, bawang merah, daun bawang atau bawang putih, sesuai dengan kebutuhan resepnya.  

Soto juga sering dihidangkan dalam sajian pesta atau jamuan makan, karena selain membuat sajian menjadi lebih lengkap, hidangan berkuah juga menjadi kesukaan banyak orang. Baik yang citarasanya gurih bersantan seperti Soto Betawi, atau yang segar seperti Soto Ayam Madura hidangan berkuah ini selalu saja menggugah selera di setiap kesempatan.  Tak mengherankan, kelezatan Soto kini juga sudah tersaji di resto-resto Indonesia di mancanegara. Soto Indonesia, goes global! (MIS)