Tips Bagi Fresh Graduates Mendapatkan Pekerjaan di Masa Pandemi Covid-19

Tips Bagi Fresh Graduates Mendapatkan Pekerjaan di Masa Pandemi Covid-19

Terhitung sejak Maret 2020 sudah lebih dari satu tahun kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Selama masa pandemi Covid-19 kita banyak dihadapkan dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Salah satunya wisuda online bagi mahasiswa yang diwisuda setidaknya dari periode Maret 2020 hingga Mei 2021. Setelah lulus kuliah, secara umum prioritas utama para Fresh Graduates ialah mendapatkan pekerjaan.

Situasi pandemi Covid-19 telah merubah proses rekrutmen. Job fair yang biasanya diadakan secara rutin oleh perusahaan di kampus dan berbagai tempat di kota kota besar, sekarang sudah tidak lagi banyak kita jumpai. Hal ini memang bukan tanpa alasan, pihak penyelenggara Job fair  dan perusahaan juga berupaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan meminimalisir kerumunan sebagai prioritas protokol kesehatan saat ini.

Sebenarnya rekrutmen secara online memang sudah lama diterapkan jauh sebelum pandemi. Banyak aplikasi lowongan pekerjaan yang bisa kita akses melalui Gadget yang memudahkan para Job Seeker untuk memilih dan menemukan perusahaan yang membuka lowongan. Namun, dampak pandemi Covid-19 saat ini sangat mempengaruhi situasi perusahaan dan para pekerja. Pandemi Covid-19 memberi dampak pada semakin tingginya angka pengganguran dan banyaknya karyawan yang harus dirumahkan atau di PHK sehingga daya saing dalam mendapatkan pekerjaan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Sembari bersabar dan menunggu lowongan pekerjaan, berikut ini beberapa tips yang bisa dipersiapkan oleh para Fresh Graduates di masa pandemi:

Buat koneksi
Mulailah membuat koneksi sebanyak mungkin dengan orang-orang yang bekerja sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Gali informasi tentang prosedur rekrutmen, upgrade skill apa saja yang dibutuhkan sembari menunggu posisi lowongan apa saja yang dibuka. 

Bagun keberadaan Online
Kebaradaan online sangat membantu mendapatkan lebih banyak visibilitas dari perusahaan. Informasi yang update dan informatif yang kita tampilan diberbagai website seperti  linkedin, Jobstreet, JobsDb, Kalibrr dan platform social media mempermudah Perusahaan menemukan kanidat calon pekerja. Berikan informasi tingkatkan kemampuan Anda, pengalaman bekerja, Software yang Anda kuasai, informasi gaji yang Anda harapkan dan sebagainya. Jangan lupa, paparkan informasi-informasi ini sebaik mungkin. 

Portfolio
Portfolio adalah bagian yang sangat penting ketika Anda ingin memaparkan kemampuan Anda. Portfolio tidak hanya bersifat memberitahu namun memungkin Anda untuk menunjukkan karya yang Anda buat, menyajikan bukti keterampilan dan kemampuan Anda yang relevan. 

Terbuka terhadap peluang, percaya diri dan rendah hati.
Harus diakui sangat sulit mencari pekerjaan di situasi pandemi seperti sekarang ini, oleh karena itu manfaatkan peluang sebaik mungkin. Jangan menyia-nyiakan kesempatan, terbukalah untuk mengambil bentuk pekerjaan lain untuk mengembangkan keterampilan Anda. Sembari menyiapkan diri ketika peluang bekerja di kantor impian Anda.

Percaya diri dengan kemampuan Anda, terus belajar tentang hal-hal baru yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Dan jangan lupa ketika Anda dihadapkan dengan pewawancara bersikaplah rendah hati, sikap rendah hati Anda akan membawa Anda kedalam kesuksesan.
Semoga beberapa tips diatas dapat membantu Fresh Graduates untuk mendapatkan pekerjaan di masa pandemi Covid-19 dengan cepat dan tepat. (David)

 sumber gambar: pexels.com