Senadakan Pengetahuan dan Penampilan

Senadakan Pengetahuan dan Penampilan

Pengetahuan aspek terpenting dalam membangun kepercayaan dan relasi yang dapat meningkatkan kredibilitas seseorang. Pengetahuan didapatkan dari berbagai macam aspek seperti dari pengalaman, pembelajaran dan kreativitas individu sehari-hari. Banyak hal yang dapat mendorong seseorang untuk memiliki tingkat pengetahuan seperti halnya dalam lingkup study dan kalangan professional. Apabila pengetahuan yang dimiliki seseorang dalam lingkup study akan dinilai berdasarkan hasil keseluruhan aspek pembelajaran yang dapat mewakili keseluruhan pembelajaran sementara dalam lingkup professional pengetahuan dinilai dari kinerja dan kontribusi seseorang kepada organisasi.

Muncul sebuah pertanyaan, apa pentingnya pengetahuan? Hal ini menjadi polemik sangat hangat diperbincangkan dari berbagai kalangan seperti mahasiswa dan kalangan professional. Ketika berbicara dalam ranah pengetahuan hal itu sangat penting untuk dimiliki bukan hanya diperdebatkan, banyak orang yang menganggap pengetahuan tidak lebih penting dari pada skills. Mungkin Anda salah satu orang yang tidak asing dengan pernyataan berikut “buat apa pintar tapi gak punya skills”. Nyatanya untuk terjun pada kalangan professional, Anda tidak hanya bisa mengandalkan keahlian namun membutuh pengetahuan luas. Pengetahuan yang luas menjadi grade terpenting dalam mendukung skills yang dimiliki oleh masing-masing individu. Cara pandang seseorang dapat mempengaruhi kredibilitasnya di dalam organisasi yang berpengaruh pada jenjang karir yang akan didapatkan.


Sedikit berahli pembahasan ke dalam aspek penampilan yang tak kalah pentingnya dari pengetahuan pada kalangan professional, hal ini dikarenakan penampilan seseorang dapat mencerminkan citra dirinya secara umum. Korporasi memiliki penilaian dan peraturan yang berbeda sehingga tidak ada penilaian secara umum mengenai penampilan yang terbaik pada kalangan professional. Setiap organisasi memiliki standar masing-masing, namun jika ditarik garis besar apabila Anda ingin menjadi bagian dalam sebuah organisasi pelajarilah terlebih dahulu sistem kerja yang dimiliki, visi dan misinya serta tujuan berdirinya organisasi tersebut.

Bila dicermati secara menyeluruh bahwa aspek peraturan organisasi terkait dengan penampilan anggota organisasinya merupakan repersentasi organisasi. Cara kerja, peraturan dan rekrutmen dan lain sebagainya merupakan gambaran organisasi. Sehingga penampilan mendukung seluruh aspek yang dimiliki mulai dari knowledge, skills dan kredibilitas. Sehingga miliki pengetahuan dan pandangan yang luas terkait segala aspek keseluruhan bidang pekerjaan dan berpenampilan sesuai dengan alur bidang kerja professional yang diminati sehingga  membawamu pada grade yang lebih baik. (Lamria)

Sumber Gambar : www.pexels.com