Penerapan fire door di berbagai industri

Penerapan fire door di berbagai industri

Fire door (pintu api ) adalah pintu yang dapat bertahan terhadap api dengan suhu tinggi dan dalam jangka waktu tertentu. Fire door merupakan aspek keselamatan yang sangat penting dari sebuah bangunan, memberikan jaminan bahwa orang dapat melewati rute pelarian sebelum api menyebar ke seluruh bangunan. Pintu ini dirancang untuk mencegah penyebaran asap, api, dan gas beracun ke seluruh gedung jika terjadi kebakaran.

Pengujian dan sertifikasi fire door sangat bervariasi, tergantung dari masing-masing perusahaan yang memproduksi, disesuaikan sesuai target pasar konsumennya. Design dan variasi model pintu pun juga bervariasi.

Pintu-pintu yang dirakit oleh perusahaan, sebelumnya harus melalui proses dan persyaratan yang ketat dan biasanya sudah diakreditasi oleh institusi terpercaya. Tujuan sertifikasi ini ialah untuk memastikan kinerja yang benar, baik itu komponen hingga pada tahap perakitan pintu telah diuji sesuai prosedur. Fire door memiliki waktu pengujian minimum, dimana satu pintu harus mengalami pengujian kebakaran selama 20 menit. Setelah itu, dapat diuji selama 45 menit, 60 menit, 90 menit dan, berlanjut dengan kenaikan 30 menit, hingga tiga jam.

Untuk itu, dikutip dari (spdoors.com.au) fire door sangat cocok untuk diterapkan di beberapa sektor industri, antara lain :

Fasilitas kesehatan
Fasilitas kesehatan dapat menjadi lingkungan berisiko tinggi jika terjadi kebakaran. Oleh karena itu, fasilitas ruangan harus dibangun dengan memperhitungkan tingkat keselamatan pasien dari resiko akan bahaya ini. 

Perumahan
Kepadatan bangunan membuat komplek perumahaan juga memiliki resiko tinggi terjadinya kebakaran. Fire door pada bangunan rumah dapat mencegah api merambat ke tetangga atau rumah lainnya.

Hotel & Apartments
Melayani jumlah penghuni yang banyak, area ini kadang-kadang memiliki risiko yang tinggi, sehingga sangat penting bahwa fire door yang  dipasang di setiap ruangan hotel dan apartments berfungsi untuk memberikan keamanan dalam kasus darurat.

Fasilitas Pendidikan
Seperti halnya sekolah dan perguruan tinggi yang menampung banyak pelajar. Fire door yang dipasang pada bangunan bertujuan untuk menjaga jalur pelarian bebas dari api yang dapat melindungi siswa dan staf saat terjadi kebakaran.

Industrial Spaces
Area yang sangat sibuk dari segala aktivitas, lalu lintas yang tinggi sangat berpotensi terjadinya kebakaran. Pintu api dirancang khusus untuk kebutuhan dan disesuaikan dengan aktivitas industri, harapannya dapat meminimalisir resiko kebakaran yang luas.

Commercial Buildings
Bangunan komersial, seperti kantor, mall, pertokoan juga merupakan ruang yang sangat padat. Letak bangunan ini sering berada di daerah padat penduduk. Fire door penting di daerah-daerah ini untuk mencegah api tidak  hanya menyebar keluar dari rute-rute di dalam gedung, tetapi juga di antara gedung-gedung, yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih luas.

Ada baiknya, sebelum anda membangun sebuah hunian, kantor, commercial buildings dan lainnya, perlu mempertimbangkan penggunaan fire door sebagai upaya mengurangi resiko akan bahaya kebakaran yang mungkin terjadi sewaktu-waktu. (david)

 

 

 

 

sumber gambar: pixabay.com