Ekonomi media dalam industri media massa

Ekonomi media dalam industri media massa

Picard dalam Usman Ks (2009:3) menyebutkan ekonomi media berkaitan dengan bagaimana industri media mengalokasikan berbagai sumber untuk menghasilkan materi informasi dan hiburan untuk memenuhi kebutuhan audiens, pengiklan, dan istitusi sosial lainnya. Media massa sebagai mesin atau pabrik penghasil berita (news manufacture) yang sangat efektif dan mendatangkan keuntungan besar dari sisi ekonomi. Ekonomi media mempelajari bagaimana industry media memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memproduksi konten dan mendistribusikannya kepada khalayak dengan tujuan memenuhi beragam permintaan dan kebutuhan akan informasi dan hiburan.

Peran Ekonomi Media dalam industri media massa antara lain:

  1. Peran ekonomi media melakukan optimasi dalam bisnis media dalam industri media massa dan berupaya mencari keuntungan untuk tetap menjaga keberlanjutan industri media massa.
  2. Peran ekonomi media yakni menarik konsumen atau pengiklan, disini industri media massa menggunakan sumber-sumber yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan berbagai keingan khalayak.
  3. Sebagai pemuas kebutuhan para khalayak dan pemasang iklan terhadap kebutuhan dan informasi apa yang mereka terima baik itu hiburan, berita atau pendidikan.
  4. Ekonomi media mempermudah dan membantu industri media dalam hal mencari orang-orang yang bisa diajak bergabung ke dalam perusahaan industri media, ini dikarenakan peran ekonomi media memunculkan lapangan pekerjaan di tengah masyarakat.
  5. Ekonomi media membuat industri media massa mampu memahami bagaimana struktur pasar mempengaruhi berbagai industri media, bagaimana media tertentu membidik pasar tertentu, serta bagaimana regulasi pemerintah serta perkembangan teknologi mempengaruhi perilaku pasar di masa mendatang.
  6. Sebagai pertimbangan seberapa banyak barang atau jasa yang diproduksi oleh industri media.


Perkembangan media massa modern menempatkan media tidak lagi dipahami dalam konteks sebagai  institusi sosial dan politik belaka melainkan juga harus dilihat dalam konteks institusi ekonomi. (Df)


Sumber : Berbagai Sumber
Sumber gambar: www.pexels.com