Mengapa riset penting bagi media massa?

Mengapa riset penting bagi media massa?


Tujuan riset bagi media massa adalah untuk memahami khalayak media, membantu pengambilan keputusan dan peningkatan produk. Perlunya melakukan riset dikarenakan media perlu bertanggung jawab atas pengukuran pemirsa yang akurat yang mereka berikan kepada custumer. Pelaku media massa harus bertanggung jawab kepada custumer dan pengiklan untuk kualitas terhadap iklan yang mereka tempatkan di media.

Perlu memberikan kepastian kepada para perencana media dan pembeli, bahwa apa yang akan diiklankan oleh media massa akan disampaikan pada pemirsa sebenarnya (audiens yang tepat). Oleh karena itu setiap pelaku media massa harus benar-benar memahami audiensnya, sehingga pesan yang disampaikan lebih bertarget.

Misalnya saja salah satu stasiun televisi memilki program acara tentang talk show dunia wanita. Wanita biasanya lebih berpengaruh dalam pertanyaan tentang pengeluaran keluarga, mereka adalah target pemirsa tidak hanya untuk produk-produk kecantikan dan kosmetik tapi juga untuk produk-produk peralatan rumah tangga dan sebagainya.

Disinilah hasil riset sangat diperlukan, karena dengan hasil riset pelaku media massa bisa menjaring iklan dengan mempresentasikan hasil riset mereka kepada agensi periklanan atau calon pengiklan, misalnya menjabarkan data dari hasil riset menyebutkan rata-rata pemirsa yang menonton acara mereka untuk program talk show tersebut adalah wanita yang berada pada kisaran usia 25 tahun hingga 40 tahun. Dengan hasil riset tersebut pelaku media massa juga bisa menentukan range harga untuk sebuah iklan. (df)

Sumber Gambar: www.pexels.com