Warga Jepang galang donasi untuk korban bencana gempa dan tsunami Indonesia

Warga Jepang galang donasi untuk korban bencana gempa dan tsunami Indonesia


Warga Jepang di Cikarang kembali menggalang donasi untuk korban yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di Indonesia, penggalangan donasi ini dilakukan pada Sabtu, 23 Februari 2019. Acara ini diadakan di Japan Information Center (JIC), berlokasi di Trivium Terrace Apartments, Lippo Cikarang. Sebelumnya pada tahun 2018,  galang donasi ini sudah dilakukan beberapa kali seperti menggalang donasi untuk Panti Asuhan melalui acara Sakura Matsuri dan gempa Lombok.

Ada sekitar 7000 warga Jepang yang tinggal dan bekerja di kawasan Industrial Cikarang, oleh karena itu kegiatan seperti ini juga diharapkan mampu menjadi wadah untuk berkumpul dan terhubung bagi warga Jepang untuk saling berbagi informasi.

Penggalangan donasi ini berlangsung pada siang hingga sore hari, warga Jepang yang berpartisipasi pada acara ini terlihat begitu antusias, bukan hanya diramaikan orang-orang dewasa saja namun anak-anak juga begitu antusias untuk ikut turut serta dalam galang donasi ini. Menariknya lagi acara ini bukan hanya diramaikan oleh warga Jepang saja, banyak warga Indonesia juga turut serta meramaikan dan berkontribusi dalam acara ini.

Donasi dilakukan dengan menjual berbagai barang-barang bekas seperti barang elektronik, pakaian, sepatu, peralatan rumah tangga, souvenir dan kerajinan tangan. Selain itu, berbagai produk dan makanan dari Jepang juga dijual dengan harga yang relatif murah.

Diharapkan kegiatan seperti ini terus berlanjut dan rutin dilakukan untuk mempererat hubungan kerjasama antara Jepang dan Indonesia. Kegiatan-kegiatan positif semacam ini juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan. (df)