Information Disclosure sebagai Gambaran Kinerja dan Prospek Perusahaan

Information Disclosure sebagai Gambaran Kinerja dan Prospek Perusahaan

Aspek pemenuhan keterbukaan informasi (information disclosure) merupakan salah satu kegiatan komunikasi yang harus dilaksanakan oleh setiap perusahaan. Di Indonesia, saat ini telah banyak perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sebagai salah satu sayaratnya perusahaan harus memiliki media online untuk menyampaikan keterbukaan informasi kepada para pemangku kepentingan, dalam hal ini media online yang paling tepat digunakan adalah website.

Website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan selain menampilkan informasi dan layanan, juga harus menampilkan informasi mengenai laporan keuangan, laporan tahunan, informasi pemegang saham, presentasi perusahaan, struktur pemegang saham, tanggung jawab sosial perusahaan dan sebagainya. Informasi-informasi ini diwajibkan sebagaimana terera dalam peraturan yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Informasi-informasi diatas akan sangat dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan, atau para calon investor baru yang ingin menanamkan modalnya , hal ini memberikan gambaran yang tepat mengenai kinerja dan prospek perusahaan kepada para investor dan calon investor untuk memberikan pengaruh positif terhadap nilai perusahaan.  

Perlunya menjalin komunikasi dengan stakeholder dan shareholder, dapat dibangun melalui sejumlah media komunikasi seperti rapat umum pemegang saham, melakukan kunjungan atau paparan kinerja dan bisa juga dengan media komunikasi seperti annual report di website. Pemegang saham memiliki kepentingan terhadap keberlangsungan perusahaan, pencapaian kinerja dan profitabilitas perusahaan, dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik untuk bisa memastikan bahwa perusahaan anda dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh Perusahaan. (david)

 

sumber gambar: pixabay.com