Peran Corporate Website Mewujudkan Good Corporate Governance (GCG)

Peran Corporate Website Mewujudkan Good Corporate Governance (GCG)

Keterbukaan Informasi menjadi salah satu pilar mewujudkan konsep Good Corporate Governance (GCG). Fungsinya adalah menjaga objektivitas suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan suatu bisnis dengan memberikan informasi-informasi yang jelas, akurat, mudah diakses dan dipahami serta dapat dipertanggungjawabkan oleh semua pihak yang berkepentingan dalam organisasi atau perusahaan.

Keterbukaan informasi menjadi salah satu indikator bahwa perusahaan sudah menerapkan kosep tata kelola perusahaan dengan baik. Informasi mengenai keterbukaan informasi melalui corporate website mampu menjaga objektivitas suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi hal ini menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan. Keterbukaan informasi berkaitan dengan informasi mengenai saham, laporan keuangan, laporan tahunan, RUPS, kebijakan, penghargaan dan serangkaian informasi kegiatan-kegiatan perusahaan. Informasi-informasi ini adalah sebuah bentuk representasi dari Perusahaan.

Keterbukaan informasi juga berfungsi memberikan gambaran bagaimana perkembangan perusahaan dan bagaimana kondisi perusahaan saat ini. Kemudian informasi-informasinya dapat dijadikan pertimbangan oleh para pemangku kepentingan sebelum melakukan investasi. Berbagai penghargaan atau pencapaian yang diterima oleh Perusahaan erat kaitannya dengan bagaimana perusahaan membangun hubungan baik dengan masyarakat, serta menjalankan tata kelola perusahaan dengan baik. Penghargaan-penghargaan ini mempengaruhi citra dan reputasi Perusahaan di mata publik. Informasi-informasi inilah yang kemudian dipublikasikan  melalui corporate website dan laporan tahunan yang ada dalam tautan corporate website yang bisa di unduh dan diakses secara publik. (David.F)

Sumber Gambar: pexels.com

 

Transparansi Informasi Melindungi Kepentingan Investor