The Effect of Branding On Profit

The Effect of Branding On Profit

Branding dalam dunia bisnis tergolong aspek penting yang mampu menghantarkan pada profit. Brand dan branding adalah dua sisi yang berbeda, brand adalah merek yang menggambarkan tentang organisasi sementara brading adalah upaya yang dilakukan oleh organisasi dalam mengkomunikasikan brand tersebut.  Semua pesan yang ingin disampaikan oleh organisasi kepada segmen pasar yang sudah ditentukan dapat dituangkan ke dalam branding yang akan dibangun. Segmentasi pasar menjadi pembahasan utama saat berdirinya organisasi. Segmentasi ini yang akan menjadi penentu arah bertumbuhnya organisasi. 

Perusahaan perlu mengakui bahwa branding merupakan aspek penting dalam promosi bisnis, organisasi profit membutuhkan citra positif yang tersampaikan kepada target pasar. Promosi bisnis terkait dengan produk-produk yang dihasilkan dapat dilakukan secara efisien dan efektif apabila fokus utama organisasi sudah direncanakan secara matang dengan berbagai metode analisis seperti salah satunya adalah metode analisis SWOT untuk melihat segala aspek kelebihan dan kekurangan sampai pada tahapan mengetahui peluang yang harus diambil oleh organisasi melihat ketatnya persaingan industri di era revolusi industri yang pesat.

Aspek berharga perusahaan lainnya dalam pemeliharaan pertumbuhan brand melalui branding yang ideal adalah karyawan. Tentu saja karyawan, hal ini berimbas pada alur pertumbuhan organisasi. Perusahaan perlu menyadari dan memahami bahwa karyawan merupakan salah satu pendukung jalannya roda organisasi. Sehingga aspek profesionalisme perusahaan diperlukan dalam menempatkan kemampuan yang dimiliki oleh SDM. Branding dalam perusahaan akan tercermin dalam segala aspek yang dimiliki perusahaan. Branding yang bagus bukanlah hanya pada aspek keunggulan yang tersampaikan saja kepada target pasar organisasi namun pada aspek menjadi sebuah solusi bagi setiap kebutuhan pelanggan. (Lamria)