Corporate Risk Management

Corporate Risk Management

Resiko dalam aktivitas organisasi bersifat inheren atau melekat pada setiap aktivitas sehingga perlu memperhatikan aspek-aspek pemdukung identifikasi corporate risk management . Konsep resiko mengarah pada suatu kejadian yang memiliki dampak negatif maupun positif, perusahaan profit sebaiknya memperhatikan aspek risk management dengan tujuan untuk memaksimalkan keuntungan organisasi. Resiko pada dasarnya memiliki level yang berbeda pada masing-masing aktivitas yang dilakukan sehingga organisasi harus mampu untuk memonitoring resiko-resiko. Mitigasi atau pengendalian resiko perlu menjadi konsep utama dalam menjalankan program kerja.

Risk management dimulai sejak awal aktivitas diantaranya pada proses perencanaan, pelaksanaan hingga pada aspek evaluasi. Segala aspek kegiatan yang dilakukan perlu untuk mengikuti rules prosedur untuk mengurangi dampak negatif. Dalam melaksanakan manajemen risiko perlu melakukan identifikasi resiko yang akan muncul mulai dari aspek finansial, hukum, keselamatan kerja dan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan pelaksanaan yang dilakukan. Resiko dapat terjadi dalam internal dan eksternal organisasi, sehingga organisasi perlu untuk menerapkan analisis SWOT agar mempermudah pelaksanaan identifikasi risk management.

Resiko adalah suatu dampak yang belum terjadi sehingga dilakukanlah management untuk mengantisipasi terjadinya dampak negatif. Contohnya dalam proses pembangunan proyek, organisasi perlu melakukan identifikasi terlebih dahulu. Dimulai pada aspek perencanaan pembangunan proyek, perlu memikirkan ijin pembangunan dari masyarakat ring 1, 2 dan 3, merancang proses kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab sosial organisasi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penolakan dari masyarakat terkait pembangunan proyek yang pastinya sangat beresiko pada aktivitas masyarakat sekitar. Pemasalahan dan resiko yang terjadi dapat diminimalkan agar organsasi memperoleh corporate goals. (Lamria)

Sumber gambar: pexels.com