Solusi menciptakan kemasan yang ramah lingkungan

Solusi menciptakan kemasan yang ramah lingkungan


Polusi menjadi ancaman terbesar bagi bumi ini, pencemaran yang terjadi berdampak pada kerusakan lingkungan. Tingkat polusi yang sangat tinggi telah menimbulkan biaya kesehatan dan kerugian ekonomi yang besar. Dampak tersebut sepertinya direspon baik oleh konsumen, belakangan semakin banyak konsumen untuk ikut andil dalam mencegah dampak ini, terlihat bagaimana konsumen cenderung membeli produk dari bisnis yang peduli terhadap bumi dan lingkungan.

Kemasan atau packaging adalah sebuah barang yang sangat mudah untuk kita temui dimanapun, mulai dari berbahan plastik, kaleng, logam dsb. Kemasan-kemasan inilah yang kemudian menjadi ancaman bagi lingkungan. Polusi plastik merupakan salah satu ancaman terbesar bagi ekosistem dunia saat ini. Berdasarkan laporan PBB, dunia menggunakan 5 milyar kantung plastik setiap tahunnya dengan 13 juta ton plastik terbuang di laut setiap tahun yang bisa disetarakan dengan satu truk sampah penuh plastik setiap menitnya. Pada 2018, terdapat sekitar 380 juta ton plastik telah diproduksi di seluruh dunia setiap tahun. Dari tahun 1950 hingga tahun 2018, diperkirakan terdapat 6,3 miliar ton plastik telah diproduksi di seluruh dunia, yang diperkirakan 9% telah didaur ulang dan diperkirakan juga 12% lainnya telah dibakar. Sebagai sebuah bisnis yang bergerak dibidang kemasan maka sudah seharusnya pelaku-pelaku bisnis ini bertanggung jawab atas produk mereka, ikut turut serta berupaya mengurangi dampak ini atau setidaknnya ikut andil membuat alternatif kemasan yang ramah lingkungan. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis kemasan untuk ikut serta menciptakan kemasan yang ramah lingkungan (dikutip dari industrytoday.com) diantaranya:

Gunakan Bahan Daur Ulang
Salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai. Semakin tinggi persentase ini dilakukan maka kemasan produk Anda semakin ramah lingkungan.

Gunakan Bahan Plastik dan Organik Ramah Lingkungan
Beberapa jenis plastik ramah lingkungan terbuat dari Polietilena daur ulang, dan beberapa jenis plastik yang mudah terdegradasi dan terurai dengan mudah. Oleh karena itu pertimbangkan hal ini untuk kemasan anda.

Gunakan Apa yang Anda Butuhkan
Pilihan terbaik untuk bisnis adalah menggunakan kemasan dengan mengurangi volume dan ukuran, hal ini dapat menekan lebih sedikit bahan dalam pembuatan kemasan.

Meningktakan Citra Bisnis Anda
Menjadi bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan tidak hanya menciptakan model bisnis yang hemat biaya, meningkatkan laba tetapi juga meningkatkan citra bisnis. Jumlah pelanggan di seluruh dunia yang membuat keputusan pembelian mereka berdasarkan tanggung jawab lingkungan bisnis. Citra bisnis yang bertanggung jawab kepada lingkungan membantu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan membangun kesetiaan.

Kawasan Industri di Cikarang merupakan kawasan industri yang potensial mengingat sekitar 2.125 unit pabrik yang berasal dari 25 negara, kawasan industri cikarang mampu menyumbang sebesar 34,46 % PMA Nasional, serta 22-45 % volume ekspor nasional (Tempo.Co, 2018) tentu ada banyak industri yang bergerak dalam bisnis kemasan atau yang bertindak sebagai konsumen. Perlu pemahaman bahwa penggunaan kemasan ramah lingkungan bukanlah pilihan, ini sudah menjadi kebutuhan dan keharusan bagi bisnis yang bergerak dalam sektor ini. Ada banyak manfaat bagi perusahaan yang menyediakan alternatif dan solusi pengemasan ramah lingkungan seperti mengurangi biaya bisnis, membantu menciptakan citra merek yang positif, membantu menarik lebih banyak pelanggan dan membangun kesetiaan pelanggan. Pentingnya menyadari bahwa kesadaran lingkungan tidak lagi menjadi tren modern atau buzz populer sebab ini adalah cara hidup, menjaga bumi ini adalah tanggung jawab kita bersama. (df )

Sumber Gambar : www.pexels.com