Perusahaan lebih mementingkan komunikasi dengan pihak eksternal?

Perusahaan lebih mementingkan komunikasi dengan pihak eksternal?

Anda yang berkerja di sebuah perusahaan atau organisasi, mungkin atau bahkan sering mendapati kenapa perusahaan anda lebih mementingkan komunikasi dengan pihak eksternal dibanding melakukan komunikasi dengan pihak internal. Sebelum membahasnya, baiknya harus memahami pengertian komunikasi eksternal terlebih dahulu.

Komunikasi eksternal adalah komunikasi yang berlangsung antara pemimpin atau orang  maupun kelompok yang mewakilinya dengan publik sasaran yang meliputi masyarakat sekitar, organisasi, instansi pemerintah, konsumen, dan pelanggan, dan media massa (Effendi, 2004:128).

Mengapa organisasi atau perusahaan lebih mementingkan komunikasi dengan pihak eksternal dibandingkan dengan pihak internal, salah satu faktor kuat dikarenakan komunikasi dengan pihak eksternal merupakan salah satu cara yang digunakan organisasi atau perusahaan untuk  menyampaikan  pesan kepada publik  tentang  apa  yang  sedang dilakukan  ataupun  rencana apa yang akan  dilakukan sebuah perusahaan atau organisasi. Hal ini tidak terlepas dikarenakan organisasi merupakan bagian dari publik, jadi perlunya menjalin hubungan baik dengan lingkungan eksternal dari organiasi.

Dengan melakukan hubungan baik yang terjaga dengan kualitas dan kuantitas komunikasi maka akan sangat menentukan kemajuan suatu organisasi atau perusahaan. Komunikasi dengan pihak eksternal bukan hanya tentang menyampaikan pesan mengenai organisasi atau perusahaan, komunikasi yang efektif juga melibatkan bagaimana meluangkan waktu untuk mendengarkan umpan balik yang akan di terima, umpan balik yang diterima dapat menunjukkan reputasi perusahaan dalam komunitas bisnis atau bagaimana perusahaan di mata masyarakat luar.
Komunikasi dengan pihak Eksternal yang dilakukan organisasi atau perusahaan juga bertujuan untuk:

  • Membangun nama  baik perusahaan
  • Branding Identitas Perusahaan
  • Mengelola citra publik
  • Meningkatkan reputasi perusahaan
  • Menempatkan bisnis perusahaan dalam performa yang baik di antara komunitas bisnis umum
  • Menjelaskan produk atau layanan perusahaan
  • Melakukan promosi untuk menarik pihak konsumen/investor
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang berada di luar struktur formal organisasi dan sebagainya

Terlepas dari perusahaan lebih mementingkan komunikasi dengan pihak eksternal, komunikasi internal dalam organisasi atau perusahaan juga  memiliki peran penting yakni untuk membangun pemahaman, kebanggaan, keterlibatan dan internalisasi visi, missi serta nilai-nilai perusahaan dan menciptakan dukungan terhadap kebijakan manajemen. (df)

Source image: www.pexels.com