Adaptasi Perusahaan di Era Disrupsi

Adaptasi Perusahaan di Era Disrupsi

 

Saat ini kita berada pada era dimana perubahan terjadi secara besar-besaran yang terjadi pada tatanan pada masyarakat. Perubahan yang terjadi tidak lagi terjadi secara perlahan, namun lebih cepat dari sebelumnya. Sekarang dikenal sebagai Era Disrupsi.

Era Disrupsi muncul dimana banyak terjadi inovasi dan perubahan secara besar-besaran yang mengubah semua sistem, tatanan dan landscape ke arah hal-hal yang baru. Disrupsi digambarkan sebagai letusan gunung berapi yang memuntahkan tatanan lama kemudian digantikan tatanan baru yang berbeda dari sebelumnya. Efek Disrupsi yang terjadi cukup kuat sehingga merubah banyak hal. Dalam bisnis ada yang menggangap fenomena Disrupsi ini sebagai ancaman yang dapat menggangu keberadaan bisnis dan ada pula yang mengganggapnya sebagai kesempatan yang besar.

Apakah perusahaan siap menghadapi Era Disrupsi ini? Serta bagaimana cara untuk bisa beradaptasi di Era ini?

Ketidaksiapan perusahaan terhadap fenomena ini akan menjadikan Disrupsi sebagai salah satu faktor yang dapat menghambat perkembangan bisnis. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan harus ada modifikasi dari segala aspek yang dilakukan oleh perusahaan mulai dari sumber daya manusia, lingkungan kerja, teknologi yang digunakan hingga pada bagaimana gaya kepemimpinan.

Sebenarnya hal terbaik yang bisa dilakukan oleh perusahaan di era ini adalah bagaimana respon perusahaan terhadap fenomena ini dan mengenali peluang yang bisa didapatkan baik dari segi kemajuan teknologi, perubahan pasar atau pergeseran preferensi pelanggan atau target audiens.

Inovasi sangat erat kaitannya dengan kemajuan dan semua orang menyukai kemajuan. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan Inovasi untuk menciptakan pasar baru. Selain itu utuk bisa berkembang dan berkelanjutan perusahaan harus lebih mengenali identitas bisnis agar perusahaan tidak terjebak dengan cara-cara lama yang sudah semakin ditinggalkan oleh pelanggan. (david)

 

Sumber: berbagai sumber

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels