Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

 

Website sebagai media informasi memiliki peran penting bagi individu, organisasi, kelompok, pemerintahan dalam memberikan informasi kepada publik dengan cepat. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini, membuat pengerjaan design dan development website semakin beragam. Banyak website yang design dan development-nya dikerjakan dari awal dengan menggunakan bahasa pemograman familiar seperti html, php, java, css, javascript dll.

Sekitar tahun 2003 wordpress hadir dan bertranformasi hingga sampai versi saat ini, hadir dengan fitur-fitur baru dan pembaharuan pada sistem keamanan tentunya. Penggunaan Content Management System (CMS)  WordPress, dapat dibilang cukup mudah bagi pemula, pengguna hanya perlu melakukan install wordpress pada komputer tanpa harus coding dari awal lagi. 

WordPress ?
Wordpress adalah Platform Content Management System (CMS) yang bersifat open source yang paling popular saat ini. WordPress dibangun dengan menggunakan Php dan basis data MySQL. Wordpress membantu pengguna dalam membuat website dengan cepat dan mudah tanpa perlu memahami pemrograman website, sehingga penggunaanya ramah bagi pemula. Seluruh pengaturan WordPress tersebut menggunakan “Graphic User Interface”.
Platform WordPress terbagai menjadi 2 bagian yaitu WordPress Org dan WordPress Com.

WordPress Com 
Platform Content Management System yang diperuntukan untuk user mendapatkan sistem yang dioperasikan secara otomatis oleh penyedia layanan WordPress.com, mulai dari pemeliharaan website, plugin, theme, kapasitas disk dan sebagainya, yang sifatnya disediakan terbatas untuk versi gratis. Oleh karena itu perlu tambahan biaya apabila Anda ingin mendapatkan fitur esensial untuk meningkatkan kapasitas layanan pengembangan website Anda .

Wordpress Org
Platform ini disebut sebagai “WordPress Self Hosted” setiap pengguna dapat menggunakannya pada komputer sendiri dengan menggunakan web server seperti Xampp, wampp, Nginx dan sebagainya. Tapi CMS ini akan hanya akan berjalan pada device Anda saja, tidak bisa diakses oleh orang lain secara online. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, Anda bisa menggunakan layanan Hosting dan Domain untuk mem-publish website agar bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun. Keuntungan menggunakan Self Hosted ini ialah Anda menjadi lebih leluasa mengontrol dan mengatur sedemikian rupa website sesuai dengan keinginan Anda, hampir tidak ada batasan penggunaan tema dan plugin yang disediakan secara gratis. (michson)

 sumber gambar: pexels.com