Popularitas Zoom Semasa WFH

Popularitas Zoom Semasa WFH

Zoom merupakan  salah satu aplikasi meeting atau konferensi video, dengan platform cloud yang mudah dan andal untuk melakukan konferensi video dan audio, chat, dan webinar. Zoom didirikan pada tahun 2011 oleh Eric Yuan, yang semula bekerja di WebEx. Saat ini, Zoom semakin berkembang dan dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur yang memudahkan penggunanya. 

Ditengah masa pandemi, Zoom menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh user di berbagai perusahaan dan instansi. Pada awal Maret, banyak perusahan dari berbagai sektor yang berada di area kawasan Industri Cikarang mulai menerapkan  karyawannya untuk work from home (WFH). Adanya himbauan ini sebagai upaya penerapan social distancing, physical distancing hingga mendukung penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jawa Barat. Situasi pandemi tidak lagi memungkin bagi  para pekerja untuk saling berkumpul di suatu tempat dengan jumlah banyak orang dan ruang yang terbatas. Upaya-upaya ini tentu dilakuan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Pada awal Maret, perusahaan Zoom melaporkan 61% pelanggan bisnis lebih banyak dari tahun sebelumnya. 10 juta orang bergabung dengan Zoom meeting setiap hari. Pertumbuhan jumlah Covid-19 dan penyebaran Covid-19  menyebabkan banyak para pekerja harus bekerja dari rumah. Itu sebabnya, Zoom dianggap aplikasi paling siap untuk mendukung dan menjimbatani permasalahan ini walau karyawan diharuskan untuk bekerja dari rumah.

Dari berbagai aplikasi meeting atau konferensi video mengapa zoom begitu populer?. Berikut beberapa hal tentang Zoom yang dapat dijadikan bahan pertimbangan:

Mudah digunakan
Dari sisi penggunannya, zoom sangat mudah untuk digunakan oleh user.  Sebagai aplikasi yang harus di-instal, fitur-fitur yang ada pada Zoom sangat mudah untuk diatur. Mulai dari membuat agenda meeting, menentukan jadwal meeting serta sharing konten. Pada aplikasi zoom, kita juga dapat mengirimkan tautan Zoom ke berbagai aplikasi sosial media atau aplikasi chat seperti whatsapp, dengan ID dan password yang ada pada tautan peserta bisa langsung mengikuti meeting.

Dapat diakses dari berbagai perangkat
Aplikasi Zoom dapat di-instal di berbagai perangkat seperti laptop, komputer, perangkat android, perangkat  iOS dan lainnya. Era digital saat ini, tentu hampir semua orang memiliki salah satu perangkat tersebut, artinya aplikasi Zoom bisa digunakan dan disesuaikan sesuai kebutuhan user.

Terjangkau
Paket gratis pada Zoom mampu memfasilitasi untuk menyelenggarakan konferensi hingga 100 peserta secara bersamaan. Layanan ini memberikan durasi pertemuan 40 menit untuk kategori Basic (free) dan 24 jam untuk kategori Pro. Peningkatan kapasitas durasi ini bertujuan untuk membantu perusahaan yang mulai menerapkan karyawan untuk bekerja dari rumah

Tidak terbatas ruang dan waktu
Aplikasi Zoom dapat digunakan kapan dan dimana saja selama user masih terkoneksi internet, artinya tidak ada batasan ruang dan waktu selama penggunaan Zoom. Sebagai pola komunikasi informasi tanpa batas, tentu teknologi ini memudahkan dan sangat efisien bagi penggunanya.

Dari berbagai kemudahan dan kelebihan yang diberikan setiap produk teknologi. Kita sebagai user atau pengguna, perlu memperhatikan aspek privasi. Komunikasi yang berlangsung lewat aplikasi merupakan kombinasi antara komunikasi personal (antar pribadi) dan komunikasi massa.  Kehadiran aplikasi Zoom tentu mempunyai peran penting dan berguna bagi  aktivitas pekerjaan kita saat ini. Namun, perlu kita sadari privasi adalah aspek utama dalam hidup kita, oleh karena itu sebelum kita terjun bebas dan menikmati kemudahan teknologi, kita harus benar-benar mempertimbangkan dan menjaga informasi pribadi sebaik mungkin. (david)

 

 

sumber gambar: pexels.com, zoom.us