Data center dengan sistem keamanan tingkat tinggi ada di Cikarang

Data center dengan sistem keamanan tingkat tinggi ada di Cikarang

Data center merupakan suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya. Pemerintah Indonesia menerbitkan peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012 tentang penyelenggaran sistem dan transaksi elektronik, adapun salah satu pasal yang ada dalam peraturan tersebut ialah mewajibkan setiap organisasi atau lembaga penyelenggara sistem elektronik yang melayani publik untuk menempatkan storage dan beberapa server ke pusat data (data center) yang tujuannya untuk melindungi data warga negara.

Di Indonesia perkembangan data center telah berkembang secara signifikan dalam periode beberapa tahun terkahir, hal ini sejalan dengan kebutuhan teknologi informasi Perusahaan/Instansi atau Organisasi yang juga terus berkembang, dan secara perlahan mulai fokus bergerak memanfaatkan layanan dan infrastruktur berbasis cloud. Adapun fungsi dari pemanfaatan data center adalah sebagai berikut:

  • Availability
    Data center dapat mendukung sustainable operasional suatu perusahaan karena didesain untuk mencapai kondisi zero failure dari seluruh komponen pendukungnya.
  • Scalability
    Data center dapat mendukung skala kebutuhan pengguna sesuai dengan volume alat produksi dan layanan yang dibutuhkan, mengacu kepada situasi dan kondisi pelanggan terupdate.
  • Security
    Data center dapat menyediakan sistem keamanan bagi data, aplikasi dan metoda akses yang digunakan oleh pelanggannya.
  • Cost Efficiency
    Data center dapat menyediakan layanan secara cost efficient bagi penggunanya, karena dapat mereduksi besaran biaya investasi perangkat yang harus disiapkan di awal (Capex) oleh suatu perusahaan menjadi biaya operasional harian (Opex).

Hal penting dalam memilih data center adalah kapasitas dan kapabilitas suatu perusahaan data center untuk mengimplementasikan teknologi dan sistem terbaru sedangkan hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan anda juga sebelum memilih layanan data center yakni:
Location
lokasi pemilihan layanan data center harus strategis, stabil serta memiliki pilihan jaringan yang memadai.
Operation, penyedian layanan data center harus memenuhi standar teknologi yang berlaku dalam industri, seperti tenaga pendingin dan penyuplai listrik DRUPS (Dynamic Rotary Uninteruptable Power Supply).
Security, mencakup keamanan gedung yang digunakan, keamanan lingkungan, serta keamanan non-fisik yang menyakut teknologi yang digunakan untuk melindungi data pelanggan.
Facility, Fasilitas yang diberikan oleh layanan data center, misalnya fasilitas penjemputan dan fasilitas infrastrukur lainnya.

Bagi perusahaan-perusahaan multinasional yang bergerak di sektor finansial dan industrial yang berada di kawasan Industri Cikarang dan sekitarnya yang membutuhkan data center dengan tingkat keamanan tinggi serta konektivitas tanpa hambatan layanan. Mungkin bisa menjadikan kedua perusahaan dibawah ini sebagai referensi dalam memilih layanan data center:

  • PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), anak usaha PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) milik Grup Lippo yang membangun pusat datanya di kawasan Lippo Cikarang
  • PT. Data Center Infrastruktur Indonesia (Dci) yang pusat datanya berada kawasan industri Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. (df)
Sumber: berbagai sumber