Sektor Potensial Ditengah Pandemi

Sektor Potensial Ditengah Pandemi

Hingga saat ini di banyak Negara di seluruh dunia masih tengah berjuang melawan virus covid-19. Sejak diumumkan pada akhir Desember 2019 lalu, laju penyebaran covid-19 diberbagai negara masih berlangsung masif. Sejauh ini telah banyak upaya yang dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk menekan penyebaran virus covid-19.

Pada saat tahap new normal seperti sekarang perlu waktu untuk bisa memulihkan dan kembali beroperasi seperti biasanya. Namun, ada beberapa sektor yang masih  potensial mungkin berkembang  di masa 'new normal'. Beberapa sektor tersebut antara lain:

Online Shopping
Tidak mengherankan memang jika online shop menjadi pilihan masyarakat ditengah pandemi covid-19. Dengan berbelanja secara online memungkinkan orang tidak lagi saling berinteraksi dipasar atau dipusat perbelanjaan. Hal ini tentu sejalan dengan gagasan untuk selalu menjaga jarak. Masyarakat bisa belanja kebutuhan sehari-hari  secara online seperti pakaian, keperluan rumah tangga, makanan dan sebagainya. Penjulan buku secara online pun meningkat, situasi untuk tetap dirumah  memberi peluang besar dan waktu luang untuk orang-orang membaca lebih banyak.

Pengirimian Barang
Pengiriman barang juga mengalami peningkatan orderan ditengah pandemi covid-19.  Banyaknya permintaan untuk pengiriman kebutuhan bahan pokok, obat-obatan serta peralatan lainnya ke berbagai daerah. Banyaknya daerah yang menerapkan pembatasan skala besar (PSBB), menjadikan pengiriman barang tak seperti biasanya. Artinya orang-orang secara mandiri tak bisa sebebas hilir mudik mengantarkan barang dari kota ke kota. Hal ini dikarenakan hanya sektor-sektor tertentu yang diberikan izin oleh pemerintah untuk beroperasi dan masuk kedaerah PSBB. Banyak perusahaan pengiriman barang kewalahan dengan permintaan pengiriman barang melonjak akhir-akhir ini.

Pembelajaran Jarak Jauh
Pembelajaran secara daring menjadi salah satu metode pembelajaran yang paling banyak digunakan oleh instasi pendidikan saat ini. Mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga jenjang Perguruan tinggi. Hampir rata-rata pembelajaran tatap muka, praktikum diganti dengan pembelajaran secara daring. Metode pembelajaran seperti ini memang menjadi hal yang baru bagi dunia pendidikan kita saat ini. Banyak tantangan yang dihadapi oleh para guru dan siswa, mulai dari terbatasanya pemahaman penggunaan teknologi, serta akses  internet yang menjadi kendala.

Collaboration Technology
Ditengah masa pandemi, Zoom menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh user di berbagai perusahaan dan instansi. Pada awal Maret, banyak perusahan dari berbagai sektor yang berada di area kawasan Industri Cikarang mulai menerapkan  karyawannya untuk work from home (WFH). Pertumbuhan jumlah Covid-19 dan penyebaran Covid-19  menyebabkan banyak para pekerja harus bekerja dari rumah. Itu sebabnya, Zoom dianggap aplikasi paling siap untuk mendukung dan menjimbatani permasalahan ini walau karyawan diharuskan untuk bekerja dari rumah. (david)

 

 Popularitas Zoom Semasa WFH

sumber gambar: pixabay.com